Berita

Gus Jazil Dorong Jokowi Prakarsai Dialog Antara Presiden Palestina dengan PM Israel

Selasa, 18 Mei 2021 - 22:26
Gus Jazil Dorong Jokowi Prakarsai Dialog Antara Presiden Palestina dengan PM Israel Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) (FOTO: Humas MPR RI)

TIMES FLORES, JAKARTA – Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Gus Jazil) berharap agar Presiden RI Jokowi (Joko Widodo) segera mengundang Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu duduk bersama untuk menyelesaikan konflik kedua negara. 

”Untuk solusi konflik Palestina, saya yakin Pak Jokowi dapat menyelesaikannya dengan mengambil peran mengundang Presiden Palestina dan Perdana Menteri Israel duduk bersama menyepakati solusi damai. Pak Jokowi mohon ambil peran ini untuk perdamaian di Tanah Palestina,” ujarnya di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (18/5/2021).

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, seluruh rakyat Indonesia pasti akan mendukung jika Jokowi mengambil peran untuk mendamaikan konflik yang terjadi di Palestina. ”Apalagi Palestina adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia,” kata Gus Jazil.

Menurutnya, sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, peran konkret Indonesia dalam upaya perdamaian konflik Palestina sangat dinantikan. ”Dan saya yakin Pak Jokowi mampu melakukan itu untuk mengajak para petinggi kedua negara untuk menyelesaikan konflik yang sudah berlangsung cukup lama ini,” katanya. 

Menurutnya, bila pertemuan ini terlaksana, hal ini akan legacy kepemimpinan Jokowi dan  Indonesia secara umum di mata dunia, seperti yang dulu dilakukan oleh Presiden Soekarno.

"Dulu Bung Karno menegaskan bahwa selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel," tuturnya.

Gus Jazil juga mengapresiasi langkah Jokowi yang sebelumnya secara tegas mengecam tindakan brutal Israel dan mengajak semua pemimpin negara-negara di dunia untuk menghentikan agresi Israel yang mengakibatkan ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak tewas. 

”Kalau sebelumnya Pak Jokowi telah mengajak para pemimpin dunia untuk menghentikan konflik Palestina, kini saatnya Presiden mengajak kedua pemimpin Palestina dan Israel untuk duduk bersama. Jokowi segera undang Presiden Palestina dan PM Israel untuk mencari solusi damai bersama. Saya kira ini akan menjadi langkah konkret Indonesia,” tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia mengutuk keras serangan Israel yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak. ”Agresi Israel harus dihentikan,” kata Jokowi melalui akun Twitter-nya, Sabtu (15/5/2021) malam.

Jokowi juga mengaku telah berdiskusi dengan sejumlah kepala negara membahas situasi Palestina. Seperti dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Yang Dipertuan Agung Raja Malaysia Tunku Azizah Aminah Maimunah Iskandriah, PM Singapura Lee Hsien Loong, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Sultan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah.

Presiden RI Jokowi mengatakan, perbincangan dengan para pemimpin negara sahabat tersebut membahas perkembangan global, tindak lanjut ASEAN Leaders Meeting, hingga situasi yang memprihatinkan di Palestina. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Flores just now

Welcome to TIMES Flores

TIMES Flores is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.