Berita

[CEK FAKTA] Kantor DPRD Kabupaten Malang Rusak Akibat Gempa di Malang

Minggu, 11 April 2021 - 18:20
[CEK FAKTA] Kantor DPRD Kabupaten Malang Rusak Akibat Gempa di Malang Informasi tentang kantor DPRD Kota Malang rusak akibat gempa di Malang.

TIMES FLORES, MALANG – Informasi tentang kantor DPRD Kabupaten Malang rusak akibat gempa di Malang beredar melalui media sosial. Informasi tersebut tersebar di Instagram, dengan menampilkan narasi yang disertai video.

Informasi tersebut diunggah oleh akun Instagram @NgalamLop_ pada 10 April 2021 pukul 17.04 WIB. Berikut narasi lengkapnya:

Mengandung bawang
Semoga tidak banyak korbannya

Yth. Ibu Gubernur Jawa Timur
Cc : Yth. Bapak Wakil Gubernur Jawa Timur
Yth. Bapak Sekda Provinsi Jawa Timur

Mohon ijin melaporkan kejadian Gempa Bumi di Barat Daya Kab. Malang pada hari Sabtu, 10 April 2021 pukul 15.00 WIB sbb:

A. Kronologi
Info Gempa Mag:6.7, 10-Apr-21 pukul 14:00:15 WIB

B. Lokasi
90 km BaratDaya KAB-MALANG-JATIM, Kedalaman: 25 Km

C. Dampak
Info sementara dampak yang ditimubulkan sbb :
1. Kab. Malang
- Kantor desa Majangtengah rusak ringan
- Rumah rusak di Desa Majangtengah (dalam pendataan)
- Puskesmas Kec. Bantur
2. Kab. Lumajang
- Korban jiwa : 1 orang (MD) tertimpa bongkahan batu di jalur Lumajang - Malang.
- Korban luka ringan 1 orang
3. Kab. Pasuruan
- Masjid Baiturohman Kec. Tutur rusak
4. Kab. Blitar
5. Kab. Trenggalek
- Kantor kecamatan Durenan rusak ringan
- Kantor Desa Cakul, Kec. Dongko rusak ringan
6. Kab. Gresik
- Rumah rusak ringan 1 unit
7. Kota Blitar
- RSUD Mardj Waluyo Kota Blitar
8. Kota Malang
- Rumah rusak sedang : 1 unit
- Rumah rusak berat : 2 unit
9. Kota Kediri
- Gedung IIK Baktiwiyata rusak ringan

Hingga saat ini Gempa Bumi dirasakan dibeberapa wilayah Jawa Timur.
1. Dirasakan IV MMI :
- Kab. Malang
- Kab. Blitar

2. Dirasakan III - IV MMI :
- Kab. Kediri
- Kab. Trenggalek
- Kab. Jombang

3. Dirasakan III MMI :
- Kab. Sidoarjo
- Kota Surabaya
- Kab. Bangkalan
- Kab. Sampang
- Kab. Pamekasan
- Kab. Sumenep
- Kab. Madiun
- Kab. Ponorogo
- Kab. Pacitan
- Kota Batu
- Kab. Tuban
- Kab. Nganjuk
- Kab. Ngawi

Keterangan :
a) II MMI
Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.
b) III MMI
Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.
c) IV MMI
Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.
d) V MMI
Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

cek fakta DPRD Kabupaten Malang Rusak 2Sumber: Instagram/@ngalamlop

Dalam narasi tersebut disertai pula video yang menunjukkan sejumlah bangunan rusaak. Salah satu foto yang terdapat dalam video tersebut menampilkan bagian dalam gedung yang hancur. Dalam video di lima detik awal tersebut tertulis Kantor DPRD Kab Malang.

Selain tertulis Kantor DPRD Kab Malang, video yang juga diunggah di TikTok @ngalamlop juga menampilkan kondisi kerusakan lainnya akibat gempa. Ada pula tertulis Jatim Park, Masjid Jenggolo, Piket Nol, MOG, Pasar Besar. Juga tampak video kerusakan gedung sekolah dan rumah warga.

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia informasi yang menyebut gedung DPRD Kabupaten Malang rusak merupakan informasi yang salah. 

Penelusuran tim cek FAKTA TIMES Indonesia, foto tersebut merupakan bagian dari kantor DPRD Kabupaten Blitar. Gempa yang terjadi di Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021) juga merusak ruang rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar. Plafon ruang rapat tersebut ambrol akibat gempa Magnitudo 6,1 yang berpusat di selatan Malang.

Anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Blitar, Wasis Kunto Atmojo, menyebutkan genteng-genteng di gedung dewan banyak yang rontok, ruang sidang paripurna juga rusak akibat tertimpa genteng. Begitu juga, tembok gedung paripurna retak.

"Ruang rapat fraksi dan komisi dan kantor hampir 70 persen hancur," tambahnya.

Untuk sementara, berdasarkan keputusan ketua DPRD,  Wasis mengatakan, gedung DPRD Kabupaten Blitar tertutup untuk warga karena terkait pengaman dokumen yang ada di gedung. Ia berharap  sekretariat dewan segera berkoordinasi dengan sekda dan bupati untuk membahas kerusakan tersebut.

cek fakta DPRD Kabupaten Malang Rusak 3Sumber: Gedung DPRD Kabupaten Blitar Rusak Akibat Gempa di Malang | TIMES Indonesia

Tim juga menelusuri foto-foto lainnya yang terdapat dalam video yang diunggah dan diberi keterangan tempat. Selain kantor DPRD Kabupaten Malang, keterangan foto yang tertulis dalam unggahan IG @ngalamlop lainnya adalah benar merupakan foto dari kondisi sejumlah tempat pasca gempa di Malang Raya, 10 April 2021.

cek fakta DPRD Kabupaten Malang Rusak 4Sumber: [Foto] Kondisi Pasca Gempa 6,7 SR Guncang Malang | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai kantor DPRD Kabupaten Malang rusak akibat gempa di Malang yang beredar tersebut merupakan informasi yang salah. Informasi tersebut tidak mencantumkan sumber resmi dan belum ada data resmi terkait kebenarannya.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi berupa foto kantor DPRD Kabupaten Malang yang rusak akibat gempa di Malang masuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Flores just now

Welcome to TIMES Flores

TIMES Flores is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.