Berita

Ini Pesan Wapres RI KH Ma'ruf Amin Usai Melantik Praja IPDN Angkatan XXVIII

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:26
Ini Pesan Wapres RI KH Ma'ruf Amin Usai Melantik Praja IPDN Angkatan XXVIII Wapres RI KH Ma'ruf Amin secara langsung dari Istana Wapres melantik 6 orang perwakilan Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) Angkatan XXVIII (Foto: RRI)

TIMES FLORES, SUMEDANGWapres RI KH Ma'ruf Amin secara langsung dari Istana Wapres melantik 6 orang perwakilan Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) Angkatan XXVIII bersamaan dengan pelantikan virtual yang diikuti 1.523 orang praja di Lapangan Parade Abdi Praja Kampus IPDNJatinangor, Kabupaten Sumedang pada Selasa (3/8/2021). 

Wapres RI mengatakan, bahwa pamong praja muda IPDN harus dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat. Mereka harus dapat mengabdi dengan penuh dedikasi dan memiliki jiwa moralitas yang tinggi.

"Kalian harus mampu berpikir secara komprehensif, visioner, bekerja keras dan tuntas, jadilah pejuang, pemikir serta yang terpenting kalian harus mampu melayani, mengayomi juga melindungi seluruh masyarakat tanpa terkecuali," ujarnya. 

Wapres juga berharap, para alumni IPDN dapat mewujudkan integritas yang tinggi, mengedepankan kejujuran, moralitas dan etika birokrasi.

Selain itu, harus inovatif serta dapat melaksanakan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas khususnya percepatan dalam pelayanan masyarakat, cepat beradaptasi, memiliki kreativitas serta produktivitas kerja yang tinggi. 

Terakhir, Wapres kembali mengingatkan para pamong praja muda IPDN untuk terus meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kapasitas diri. "Sebab, tantangan serta tuntutan di era global ini sangat berat, terlebih di era upaya pemulihan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19," tandasnya. 

Sementara itu, Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, M.M. mengatakan, total praja yang dilantik menjadi pamong praja muda IPDN Angkatan XXVIII sebanyak 1.529 orang yang terdiri atas lulusan program S1 sebanyak 148 orang dan D4 sebanyak 1.381 orang.

Pelaksanaan pelantikan pamong praja muda IPDN kali ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang sangat ketat.

"Oleh sebab itulah acara pelantikan tahun ini tidak mengikutsertakan orang tua maupun keluarga dari para pamong praja muda yang dilantik. Sehingga, orang tua dan pihak keluarga dapat menyaksikan prosesi pelantikan secara live melalui streaming youtube Humas IPDN," terangnya. 

Rektor mengatakan, ke enam perwakilan calon pamong praja muda yang dilantik di Istana Wapres tersebut yakni wisudawan terbaik program Sarjana Ilmu Pemerintahan asal pendaftaran Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah Tiara Anindya Shinta SIP dan wisudawan terbaik program Sarjana Terapan Ilmu Pemerintahan Valentino Mahendra Wicaksono, STrIP asal pendaftaran Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur.

Juga 4 calon pamong praja perwakilan agama yakni Muhammad Daffa Madyatama STrIP asal pendaftaran Kota Tidore Provinsi Maluku Utara, Ring Ling Yhonitali Lantakai, SIP asal pendaftaran Kabupaten Alor, Provinsi NTT, Mellania Anna Loveny, STrIP asal pendaftaran Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat dan Kadek Prima Parhesia, SIP asal pendaftaran Kabupaten Klungkung Provinsi Bali. 

"Selain memiliki kesempatan terhormat dilantik secara langsung oleh Wapres RI, kedua wisudawan terbaik dari program S1 dan D4 berhak menerima penghargaan Kartika Pradnya Utama serta Kartika Asta Brata," ujarnya. 

Rektor melanjutkan, adapun jumlah total wisudawan IPDN yang terdiri atas program doktor ilmu pemerintahan (S3), program magister terapan ilmu pemerintahan (S2), program profesi kepamongprajaan, program sarjana ilmu pemerintahan dan program sarjana terapan ilmu pemerintahan yakni sejumlah 1.734 orang. 

"Kami akan terus berkomitmen mendidik calon-calon aparatur sipil negara yang berkualitas, berkompeten dan berintegritas. Sesuai dengan rencana strategis IPDN 2020-2024 yakni menjadikan IPDN yang unggul, professional, berintegritas dan berdaya saing," tuntas Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, MM dalam acara yang dihadiri Wapres RI KH Ma'ruf Amin secara virtual. (*) 

Pewarta : Alan Dahlan (MG-299)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Flores just now

Welcome to TIMES Flores

TIMES Flores is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.