Pendidikan

32 Dosen Ilmu Komunikasi Luncurkan Buku tentang Pers dan Media Massa

Kamis, 11 Februari 2021 - 10:35
32 Dosen Ilmu Komunikasi Luncurkan Buku tentang Pers dan Media Massa Poster buku tentang pers dan media massa yang ditulis oleh 32 dosen ilmu komunikasi. (Foto: atmajaya.ac.id)

TIMES FLORES, JAKARTA – Sejumlah dosen ilmu komunikasi meluncurkan buku kumpulan tulisan tentang pers dan media massa, Kamis (11/2/2021). Seperti judulnya, buku "Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa" banyak bercerita tentang pengalaman para penulis berinteraksi dengan media massa. Baik di masa yang lalu maupun di masa kini.

Penggagas sekaligus koordinator tim editor buku, Frida Kusumastuti menuturkan bahwa sebagian besar penulis buku adalah generasi baby boomer, gen X dan gen Y, sehingga romantisme dengan media cetak lebih mewarnai pengalaman mereka. 

"Namun, uniknya adalah para penulis mengalami tiga gelombang tehnologi media lho, dan semua masih setia menggunakan media massa sebagai makanan sehari-hari,” ujar dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini dalam keterangannya.

Buku "Esai Pengalaman: Merangkai Asa untuk Media Massa" ditulis oleh 32 dosen komunikasi dari 24 perguruan tinggi. Sederet nama yang cukup terkenal sebagai penulis buku dan dosen senior ikut menyumbangkan tulisan, di antaranya Dr. Sunarto (Undip), Nina Mutmainnah (UI), Andina Dwifatma (Unika Atmajaya Jakarta). 

Menyertai peluncurannya, buku karya para dosen ini juga dibedah dengan menghadirkan pemantik diskusi dari Dewan Pers, Arif Zulkifli. Sementara pembedah buku menghadirkan dua pelaku media besar, Sapto Anggoro dari Tirto.id dan Budiman Tanoeredjo dari Harian Kompas. 

“Kami menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya demi menciptakan diskusi yang menarik untuk saling mengritisi dan memberikan pandangan untuk perkembangan media massa," ujar Lintang Ratri Rahmiaji, dosen Ilmu Komunikasi Undip yang menjadi tim editor buku. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Flores just now

Welcome to TIMES Flores

TIMES Flores is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.